Google, ya mereka menyebutnya dengan nama Google. Siapa yang tidak kenal mesin pencari raksasa ini.Sebagian besar pengguna internet menggunakan mesin pencari raksasa ini. Saking melekatnya di benak para pengguna internet, Google dijuluki dengan nama "Mbah Google". Jika kita sedang diskusi dengan teman dan ada sesuatu hal yang tidak tahu, biasanya salah satu dari kita ada yang sebut "coba tanya ke mbah google!". Itulah fenomena para pengguna internet, para internet marketer dan para pelaku bisnis internet lainnya. Lalu apa keunggulan dan kelebihan mesin pencari Google?

Beberapa kelebihan Mesin Pencari Google :
- Situs pencari yang luar biasa powerful dalam mengoptimalkan web crawlernya.
- Mendukung sintaks yang memungkinkan kita untuk membatasi hasil pencarian yang kita lakukan pada komponen-komponen tertentu pada suatu halaman web, seperti yang terdapat dalam judul, nama halaman, atau bahkan komponen yang terdapat dalam URL website tersebut.
- Memberikan peluang kepada kita untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan jenis-jenis domain, misalnya hasil pencarian suatu kata kunci terbatas untuk situs yang berakhiran “.edu” (educational), yang berarti hanya domain situs-situs pendidikan yang dimasukkan dalam index pencarian Google.
- Memungkinkan kita untuk menemukan berbagai macam tipe-tipe file, seperti: dokumen Microsoft Word, Excel, dan file-file PDF. Bahkan Google memiliki kemampuan untuk menemukan halaman-halaman web dengan jenis bahasa pemrograman tertentu, seperti: XML,PHP, Javascript, RSS, dan sebagainya.
- Bisa memetakan sampai sejauh mana proporsi sebuah direktori dalam internet dan tingkat keamanan yang dimiliki, sehingga menentukan sampai sejauh mana informasi di balik direktori-direktori yang bisa dijaring oleh crawlernya Google.
Google digunakan sebagai salah satu mesin pencari atau search engine yang powerfull untuk mencari informasi yang tepat dan akurat. Pencarian informasi secara akurat, cepat dan tepat didasari oleh
berbagai macam motif dan tujuan, terlepas dari tujuan itu baik atau buruk. Di bawah ini akan
dijelaskan tentang perintah khusus pada Google, dan akan dijelaskan pengertian dan penggunaan
dari tiap – tiap perintah untuk mendapatkan informasi tersembunyi dan sangat penting.
Perintah / Syntax Mesin Pencari Google
1.”intitle:”
ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud. Sebagai contoh pada pencarian, “ intitle: password admin “ ( tanpa tanda kutip ). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ password “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin” .Jika pada pencarian terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks allintitle: untuk pencarian secara lengkap. Sebagai contoh pada pencarian “allintitle:admin mdb”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “admin” dan “mdb”.
2.“inurl:”
ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan. Sebagai contoh pencarian dalam pencarian,”inurl : database mdb”.
Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang
“database mdb “. Hal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut. Sebagai contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“, pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.
Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang
“database mdb “. Hal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut. Sebagai contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“, pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.
3.“site:”
ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian suatu query informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu. Sebagai contoh pada pencarian informasi: “waveguide site:ugm.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain ugm.ac.id.
4.“cache:”
akan menunjukkan daftar web yang telah masuk ke dalam indeks database Google,yang berhasil didapatkan oleh Google Crawler. Sebagai contoh:
“cache:detik.com”, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page detik.com
“cache:detik.com”, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page detik.com
5.“filetype:”
ialah sintaks perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc). Sebagai contoh pada pencarian : “filetype:pdf” “Linux Guide” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.pdf” yang mengandung kata Linux dan Guide.
6.“link:”
ialah sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special. Sebagai contoh“link:www.kompas.com” akan menunjukkan daftar webpage yang memiliki point link pada halaman situs Kompas.
7.“related:”
sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan. Sebagai contoh: “related:www.kompas.com”, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage Kompas.
8.“intext:”
sintaks perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman.
Sebagai contoh: “intext:admin” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.
Dalam penggunaan mesin pencari Google, ada beberapa ketentuan yang harus kita perhatikan, diantaranya Google tidak mendukung lebih dari 10 kata dalam kata kunci atau query yang kita masukkan, termasuk sintaks-sintaks khusus (kata kunci khusus, yang akan dijelaskan pada sub bab berikutnya). Bila kata kunci yang kita masukkan melebihi ketentuan, Google akan mengabaikan kata kunci yang kita masukkan.
Ketentuan lain yang harus kita perhatikan, Google tidak mempunyai kemampuan stemming. Istilah stemming ini berhubungan dengan fenomena tata bahasa yang dimilki oleh berbagai bahasa di dunia, contohnya dalam bahasa Inggris. Apabila kita ingin mencari kata “drink” tentu kita akan sekaligus mencari berbagai bentuk variasinya karena adanya peraturan semacam singular or plural, tense, noun atau verb dan sebaginya. Dalam teknologi mesin pencari, istilah stemming ini diimplementasikan dengan kemampuan suatu mesin pencari untuk menggunakan tanda asteriks atau wildcard (*) pada kata kunci yang kita cari, yang kita harapkan akan menghasilkan variasi bentuk kata berdasarkan kata kunci awal yang kita masukkan.
Happy googling...
Sebagai contoh: “intext:admin” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.
Dalam penggunaan mesin pencari Google, ada beberapa ketentuan yang harus kita perhatikan, diantaranya Google tidak mendukung lebih dari 10 kata dalam kata kunci atau query yang kita masukkan, termasuk sintaks-sintaks khusus (kata kunci khusus, yang akan dijelaskan pada sub bab berikutnya). Bila kata kunci yang kita masukkan melebihi ketentuan, Google akan mengabaikan kata kunci yang kita masukkan.
Ketentuan lain yang harus kita perhatikan, Google tidak mempunyai kemampuan stemming. Istilah stemming ini berhubungan dengan fenomena tata bahasa yang dimilki oleh berbagai bahasa di dunia, contohnya dalam bahasa Inggris. Apabila kita ingin mencari kata “drink” tentu kita akan sekaligus mencari berbagai bentuk variasinya karena adanya peraturan semacam singular or plural, tense, noun atau verb dan sebaginya. Dalam teknologi mesin pencari, istilah stemming ini diimplementasikan dengan kemampuan suatu mesin pencari untuk menggunakan tanda asteriks atau wildcard (*) pada kata kunci yang kita cari, yang kita harapkan akan menghasilkan variasi bentuk kata berdasarkan kata kunci awal yang kita masukkan.
Happy googling...
Having an assignment due tomorrow and understand you can’t do it yourself? But you’re afraid of delegating your paper to some scam services as well? Why not check essayedge reviews on Scamfighter.net
BalasHapus