Hosting Unlimited Indonesia

Cara Membuat File ISO dengan mudah

Apakah anda bisa membuat file .iso? File ISO biasanya diperlukan untuk bacup file. Bagi anda yang belum tahu cara membuat file ISO, lanjutkan bacanya ya! Tutorial mudah untuk membuat file ISO.
ISO atau International Organization of Standarization adalah sebuah file merupakan suatu file yang mempunyai isi system file ISO 9600. Secara sederhana file ini adalah back-up file dari hard disk ke CD/DVD ataupun sebaliknya.
cara membuat file ISO mudah

Misalkan Anda mempunyai sebuah CD installasi windows XP dan ingin memback-upnya ke flash disk, dengan tujuan agar FD yang diisinya bisa langsung digunakan untuk meng-install XP. Jika Anda langsung copy file maka file tersebut tidak akan langsung booting dan Autorun. Tetapi, jika di format dalam bentuk file ISO, maka file tersebut bisa Anda pergunakan secara langsung.

Itulah satu dari manfaat file ISO ini, walaupun sebetulnya masih banyak lagi manfaatnya. Tapi, untuk sementara saya tidak akan terlalu panjang lebar menjelaskan tentang apa itu ISO dan manfaatnya, karena pada artikel ini saya ingin berbagi tentang cara membuat file ISO, agar selain Anda bisa mempergunakan, Anda pun bisa membuatnya sendiri.

Ada banyak cara membuat file ISO, tentunya dengan berbagai software yang tersedia, entah itu yang free edition ataupun yang berbayar. Tapi, jika bertanya kepada saya, mau pilih yang gratis atau yang berbayar, maka saya akan menjawab, “Kalau bisa gratis, buat apa bayar??” hehe J

Oke langsung saja kita belajar cara membuat file ISO dengan menggunakan software gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah…
  1. Download software Free ISO Creator di : http://download.minidvdsoft.com/freeisocreator.exe
  2. Setelah mendownloadnya, langsung saja jalankan aplikasi installernya, kemudian ikuti pentunjuk yang ada hingga installasi selesai dan software Free ISO Creator terpasang di perangkat komputer Anda.
  3. Misalkan Anda telah mempunyai CD lisensi installasi Windows XP dan ingin memback-upnya ke dalam FD. CD XP yang isinya berupa kumpulan file dan folder hanya akan bootable atau langsung nge-boot dengan cara meng convert file fan folder tersebut ke dalam file dengan format *.ISO
  4. Buka aplikasi Free ISO Creator, kemudian pilih menu Add File
  5. Pilih semua file yang Anda butuhkan, lalu klik menu Save ISO As
  6. Jika langkah di atas semuanya sudah dilakukan, beri nama file ISO nya atau biarkan saja, kemudian klik Button Convert
  7. Tunggu proses, dan File Windows.ISO sudah berhasil Anda buat

***

Mudah bukan cara membuat file ISO dengan menggunakan Free ISO Creator ini?? Silahkan coba dan praktekkan. Untuk cara dan software yang lainnya Anda bisa cari di Google.

Tetapi, saya hanya menyarankan, sebaiknya informasi ini dipergunakan secara bijak, antara lain untuk meminimalisir kerusakan dari CD windows yang Anda miliki, dan bukan sengaja Anda pergunakan untuk tindakan pembajakan atau piracy.

Semoga informasi tentang cara membuat file ISO ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ada yang kurang jelas atau pertanyaan lebih lanjut, silahkan komentar saja.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar