Hosting Unlimited Indonesia

Mengenal Search Engine dan Directory

Jika anda seorang Internet Marketer atau seorang yang sering berbaur dengan internet, nampaknya tidak asing lagi akan 2 istilah ini yaitu Search Engine dan Directory. Tetapi bagi anda yang awam akan duna internet, tentunya awam juga dengan 2 istilah diatas.

Mengenal Search Engine dan Directory


Jika anda mempunyai website/blog, Tentunya juga tahu bahwa mempromosikan website adalah sangat penting, karena mendatangkan pengunjung lebih susah  dari pada hanya sekedar membuat website itu sendiri, baik dalam bentuk blog ataupun website toko online. Cukup banyak para pemilik website  merasa kecewa karena telah menghabiskan banyak biaya untuk membuat/membangun website mereka, tetapi tidak mendatangkan pengunjung seperti yang diharapkan. Darimana pengunjung akan tahu alamat website atau blog kita?
Secara garis besar ada 2 macam cara pencarian sebuah situs yaitu melalui Search Engine dan Directory.

Arti istilah Search Engine


Search engine merupakan sebuah sistem database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat website. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan
apakah website (URL) yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan langsung
menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut. Search engine sendiri banyak model-modelnya seperti: Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Dengan search engine ini memudahkan kita untuk mengakses internet.

Arti Istilah Directory


Berbeda dengan    directory yang meng-index halaman web secara manual. Manual disini yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki
biasanya jauh lebih kecil dan sedikit jika dibandingkan dengan search engine. Itulah sebabnya sekarang
ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh situs directory adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi.

Itulah 2 metode pencarian situs di internet,agar situs atau website kita terindex di Search Engine atau Directory. Agar supaya website kita cepat terindex di search engine, maka kita harus submit di Search Engine atau Directory yang kita kehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar