Hosting Unlimited Indonesia

Lebih dekat dengan Google, Raksasa Mesin Pencari

Google, ya mereka menyebutnya dengan nama Google. Siapa yang tidak kenal mesin pencari raksasa ini.Sebagian besar pengguna internet menggunakan mesin pencari raksasa ini. Saking melekatnya di benak para pengguna internet, Google dijuluki dengan nama "Mbah Google". Jika kita sedang diskusi dengan teman dan ada sesuatu hal yang tidak tahu, biasanya salah satu dari kita ada yang sebut "coba tanya ke mbah google!". Itulah fenomena para pengguna internet, para internet marketer dan para pelaku bisnis internet lainnya. Lalu apa keunggulan dan kelebihan mesin pencari Google?
mengenal mesin pencari raksasa google

Beberapa kelebihan Mesin Pencari Google :

  1. Situs  pencari  yang  luar  biasa  powerful  dalam  mengoptimalkan web crawlernya.
  2. Mendukung sintaks yang memungkinkan kita untuk membatasi hasil pencarian yang kita lakukan pada komponen-komponen tertentu pada suatu halaman web, seperti yang terdapat dalam judul, nama halaman, atau bahkan komponen yang terdapat dalam URL website tersebut.
  3. Memberikan  peluang kepada  kita  untuk membatasi  hasil  pencarian berdasarkan jenis-jenis  domain, misalnya  hasil  pencarian  suatu kata  kunci  terbatas  untuk situs  yang  berakhiran “.edu”  (educational), yang  berarti  hanya  domain situs-situs  pendidikan yang dimasukkan dalam index pencarian Google.
  4. Memungkinkan kita  untuk menemukan berbagai  macam  tipe-tipe  file, seperti: dokumen Microsoft Word, Excel, dan file-file PDF. Bahkan Google memiliki kemampuan untuk menemukan halaman-halaman web dengan jenis  bahasa  pemrograman tertentu, seperti:  XML,PHP, Javascript, RSS, dan sebagainya.
  5. Bisa memetakan sampai sejauh mana proporsi sebuah direktori dalam internet  dan tingkat  keamanan yang  dimiliki, sehingga  menentukan  sampai  sejauh mana informasi di balik direktori-direktori yang bisa dijaring oleh crawlernya Google. 
   
Google  digunakan  sebagai  salah  satu mesin  pencari atau search engine yang powerfull  untuk mencari informasi yang tepat dan akurat. Pencarian informasi secara akurat, cepat dan tepat didasari oleh
berbagai  macam  motif  dan tujuan, terlepas  dari  tujuan itu baik atau buruk. Di  bawah ini  akan
dijelaskan tentang perintah khusus pada Google, dan akan dijelaskan pengertian dan penggunaan
dari tiap – tiap perintah untuk mendapatkan informasi tersembunyi dan sangat penting.

Perintah / Syntax Mesin Pencari Google

1.”intitle:”  
ialah sintaks  perintah untuk membatasi  pencarian yang  hanya  menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud. Sebagai contoh pada pencarian, “ intitle: password admin “  ( tanpa tanda kutip ). Pencarian akan mencari page  yang mengandung kata  “ password “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin” .Jika  pada  pencarian terdapat  dua  query  pencarian utama, digunakan sintaks  allintitle: untuk pencarian secara  lengkap. Sebagai  contoh pada  pencarian  “allintitle:admin mdb”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “admin” dan “mdb”.

2.“inurl:”
ialah sintaks  perintah untuk membatasi  pencarian yang  hanya  menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan. Sebagai contoh pencarian dalam pencarian,”inurl : database mdb”. 
Pencarian akan menghasilkan semua  URL  yang hanya  mengandung  informasi  tentang
“database mdb “. Hal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan  sintaks  “allinurl:”  untuk  mendapatkan  list  url  tersebut. Sebagai  contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“, pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.

3.“site:”
ialah sintaks  perintah untuk membatasi  pencarian suatu query  informasi  berdasarkan pada  suatu situs  atau domain tertentu. Sebagai  contoh pada  pencarian  informasi: “waveguide site:ugm.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain ugm.ac.id.

4.“cache:”
akan menunjukkan daftar  web yang  telah masuk ke  dalam  indeks  database  Google,yang berhasil didapatkan oleh Google Crawler. Sebagai contoh:
“cache:detik.com”, pencarian akan memperlihatkan list  yang disimpan pada  Google  untuk page detik.com

5.“filetype:”
ialah sintaks  perintah pada  Google  untuk pencarian data  pada  internet  dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc). Sebagai contoh pada pencarian : “filetype:pdf” “Linux Guide”  (tanpa  tanda  kutip). Pencarian akan  menghasilkan file  data  dengan ekstensi  “.pdf”  yang mengandung kata Linux dan Guide.

6.“link:”
ialah sintaks perintah pada Google  yang  akan menunjukkan daftar list webpages  yang memiliki  link    pada  webpage  special.    Sebagai contoh“link:www.kompas.com” akan menunjukkan daftar webpage yang memiliki point link pada halaman situs Kompas.

7.“related:”
sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan. Sebagai  contoh:  “related:www.kompas.com”, pencarian akan memberi  daftar  web page yang serupa dengan homepage Kompas.

8.“intext:”
sintaks  perintah ini  akan mencari  kata  kata  pada  website  tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman.
Sebagai contoh: “intext:admin”  (tanpa  tanda  petik), pencarian akan menghasilkan link pada  web  page  yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.

Dalam  penggunaan mesin pencari  Google, ada  beberapa  ketentuan yang  harus  kita perhatikan, diantaranya Google tidak mendukung lebih dari 10 kata dalam kata kunci atau query yang  kita  masukkan, termasuk sintaks-sintaks  khusus  (kata  kunci  khusus,  yang akan dijelaskan pada  sub bab berikutnya). Bila  kata  kunci  yang  kita  masukkan melebihi  ketentuan, Google  akan mengabaikan kata kunci yang kita masukkan.
Ketentuan lain yang  harus  kita  perhatikan, Google  tidak mempunyai  kemampuan stemming. Istilah stemming  ini  berhubungan dengan fenomena  tata  bahasa  yang  dimilki  oleh berbagai  bahasa  di  dunia, contohnya  dalam  bahasa  Inggris. Apabila  kita  ingin mencari  kata “drink”  tentu kita  akan sekaligus  mencari  berbagai  bentuk variasinya  karena  adanya  peraturan semacam singular or plural, tense, noun atau verb dan sebaginya. Dalam teknologi mesin pencari, istilah stemming  ini  diimplementasikan dengan kemampuan suatu mesin pencari  untuk menggunakan tanda asteriks atau wildcard (*) pada kata kunci yang kita cari, yang kita harapkan akan menghasilkan variasi bentuk kata berdasarkan kata kunci awal yang kita masukkan.
Happy googling...

1 komentar:

  1. Having an assignment due tomorrow and understand you can’t do it yourself? But you’re afraid of delegating your paper to some scam services as well? Why not check essayedge reviews on Scamfighter.net

    BalasHapus